Daftar sekarang untuk mendapatkan update informasi terkini

Delivered by FeedBurner

We'll not spam mate! We promise.

Saturday, April 25, 2015

Teknologi yang merubah gaya hidup modern

Perubahan gaya hidup masyarakat didunia berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Efek dari perkembangan teknologi sangat terasa terutama mulai abad 20 hingga sekarang yang memberikan dampak luar biasa pada kehidupan masyarakat modern. 

Saat ini banyak hal yang dapat dilakukan yang pada saat dahulu mustahil atau hanya dapat dikhayalkan oleh seseorang. Penemuan-penemuan teknologi akhir-akhir ini berkembang sangat pesat dan seakan-akan tidak terbendung, sehingga kita sendiri sulit untuk membayangkan bagaimana gaya hidup masyarakat pada 10 tahun mendatang.

Tentunya perkembangan teknologi harus dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya agar dapat memberikan dampak positif dan mempermudah kehidupan kita, karena tidak dapat dipungkiri teknologi yang berkembang saat ini selain dapat memberikan dampak positif juga dapat digunakan untuk hal-hal yang bersifat negatif seperti kasus-kasus penyalahgunaan media sosial yang terjadi akhir-akhir ini. 

Berikut ini adalah sebagian teknologi yang sangat berpengaruh dalam merubah gaya hidup masyarakat modern

Komputer

Penemuan komputer telah merubah banyak aspek pada kehidupan modern. Dimulai dengan komputer generasi pertama yang digunakan pada perang dunia kedua dimana ukuran komputer saat itu masih sangat besar dan umumnya digunakan untuk kepentingan militer. Bahkan dahulu terdapat komputer yang berfungsi sebagai kalkulator elektronik yntuk US Navy yang berukuran setengah lapangan bola kaki. 

Saat ini komputer sudah semakin mengecil dan komputer sudah dapat dimiliki oleh setiap orang dengan harga yang terjangkau. Penggunaan komputer sendiri saat ini sudah sangat beragam dari yang sebelumnya hanya sebagai pengolah data saat ini menjadi sangat beragam seperti browsing internet, memutar musik, bermain game, menayangkan video dan lain-lain.




Internet

Penemuan internet sendiri diprakarsai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network)

Saat ini lebih dari 1 miliar orang menggunakan internet untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara mudah dan cepat. Dari yang sekedar membaca berita online, pemesanan tiket, kolaborasi pekerjaan kantor, jual-beli online, berkirim email, dll. Ketergantungan akan akses internet saat ini semakin tinggi seiring dengan kebutuhan masyarakat akan kecepatan dan kemudahan yang dapat diperoleh dari penggunaan internet.

Handphone/Smartphone

Sekitar tahun 90 an, handphone merupakan barang eksklusif yang hanya dapat dimiliki oleh orang-orang yang berkantong tebal. Pada mulanya handphone hanya sekedar digunakan untuk telepon dan sms. Namun saat ini hal tersebut telah berubah, handphone telah "bermetamorfosis" menjadi smartphone. 

Penggunaan smartphone tidak terbatas pada telepon dan sms, saat ini penggunaan smartphone "hampir" tak terbatas. Hal tersebut diprakarsai dengan penemuan iphone yang fenomenal kemudian disusul dengan smartphone berbasis android yang memungkinkan pengguna menginstal aplikasi yang sangat beragam (jutaan aplikasi). Tentunya perkembangan smartphone sangat dipengaruhi oleh kemudahan dan penetrasi akses internet. Bahkan saat ini, akses internet lebih banyak melalui smarphone dari pada melalui PC/laptop.


Socializer Widget By UpdateAplikasiTerbaru
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment