Daftar sekarang untuk mendapatkan update informasi terkini

Delivered by FeedBurner

We'll not spam mate! We promise.

Sunday, September 20, 2015

Perbedaan tarif dan layanan Gojek, Grabbike, dan Blu-jek

 
 Seperti kita ketahui, saat ini penyedia layanan Ojek Online tidak terbatas pada Gojek saja namun sudah banyak kompetitor sejenis seperti Grabbike dan Blu-jek. Secara umum model bisnis ketiga layanan Ojek Online tersebut memang sama. Memang sudah diprediksi sebelumnya bahwa layanan sejenis seperti Gojek akan ramai bermunculan, karena terpicu oleh booming kesuksesan Gojek dalam memikat hati masyarakat dikota-kota besar dalam menggunakan layanannya.

Sepertihalnya pada bisnis-bisnis yang lain, jika kompetitor belum dapat memberikan layanan yang berbeda/inovasi baru, maka yang mereka tawarkan adalah perbedaan tarif. Ya, mungkin perbedaan tarif itulah yang paling membedakan antara ketiga layanan ojek online tersebut. Berikut ini adalah perbedaan tarif dan layanan antara Gojek, Grabbike, dan Blu-jek :

Layanan
Gojek
Grabbike
Blu-jek
Tarif (promo) saat ini
Rp15.000 (Rp15.000 6 KM pertama dan Rp2.500/KM saat peak hour)
Rp10.000 (Rp20.000 untuk peak hour/jam sibuk)
Rp 25.000
Metode Pembayaran
- Cash
- Gojek Credit
Cash
- Cash
- E-Money (Mandiri)
Layanan
- Transport
- Delivery
- Shopping
- Food Delivery
Transport
- Transport
- Delivery
- Shopping
- Food Delivery

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa tarif dari ketiga layanan ojek online tersebut masih merupakan tarif promo, dalam artian tarif tersebut belum mencermikan tarif yang ideal/sebenarnya yang harus dibayarkan oleh konsumen ketiga layanan tersebut. Pertanyaannya saat ini adalah sampai kapan ketiga layanan ojek online tersebut "perang tarif promo" dalam merebut hati masyarakat untuk menggunakan layanan mereka. Mungkin kondisi persaingan bisnis ojek online mirip dengan kondisi persaingan provider seluler beberapa tahun lalu, dimana antar provider seluler saling perang promo yang ujung-ujungnya perang tarif untuk mendapatkan hati masyarakat. 

Mungkin selain dari sisi tarif, inovasilah nanti yang akan sangat menentukan ojek online mana yang akan survive.


Socializer Widget By UpdateAplikasiTerbaru
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

0 comments:

Post a Comment